Tirek Himanika UNY Dominasi Lomba Robot Line Follower di Palembang

News

Unisi Radio Jogja : Campus Reporting News

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY kembali mengharumkan nama UNY. Dua tim yang dikirim berhasil merebut juara I dan II pada Pekan Raya Elektro Nasional (PREN).

Tim pertama yaitu tim Tirek Himanika 1 yang terdiri dari Muhammad Agus Satrio, Arif Rianto, dan Udin berhasil merebut juara I pada perlombaan itu. Sementara tim Tirek Himanika 2 beranggotakan Danang Gita SW, Imron, dan Alifia Revan Prananda menduduki peringkat kedua.

Even yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan itu merupakan Kompetisi Robot Line Follower bagi mahasiswa tingkat nasional yang diikuti oleh beberapa universitas di Indonesia.

Kompetisi Line Follower merupakan kompetisi robot untuk menyusuri jejak garis secara otomatis. Dua robot Line Follower yang berasil memenangkan lomba kali ini merupakan robot yang diprogram dengan bahasa C.

Hasil compile program kemudian ditanam di bagian dalam robot sehingga robot dapat diatur tanpa perlu menggunakan komputer. Agar dapat berjalan, robot menggunakan sensor untuk mendeteksi kepekatan dari warna track. Jika warna track semakin pekat, maka robot akan berjalan semakin cepat.

Kedua tim mengaku bahwa persiapan untuk lomba kali ini cukup minim. ”Persiapannya sangat mepet, hanya sempat latihan untuk menyesuaikan track,” ujar Muhammad Agus Satrio salah satu anggota tim.

Walaupun dengan persiapan yang kurang maksimal, namun tim robot dari UNY itu berhasil melenggang lancar melewati tiap babak perlombaan. Mahasiswa Teknik Elektronika FT UNY angkatan 2012 itu juga berbagi kunci sukses untuk menjadi juara di kompetisi robot line follower.

”Kuncinya, kita harus menjaga kekompakkan tim, latihan akurat untuk menyesuaikan track, dan harus tahu kelemahan dan kelebihan robot,” tambahnya.

suaramerdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 13 =