UGM-KPK Kembali Jalin Kerja Sama

News

Unisi Radio Jogja : Campus Reporting News

UGM (6)

UGM terus berkomitmen pada pemberantasan korupsi. Setelah melakukan kerja sama di bidang tindak pidana korupsi di tahun 2006, UGM dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali sepakat menjalin kerjasama pemanfaatan publikasi lokal UGM dan publikasi Komisi Pemberantasan Korupsi dalam upaya tindak pidana korupsi, di Grha Sabha Pramana, Bulaksumur.

Naskah kerjasama ditandatangani Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati MSc PhD dan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja disela diskusi ”Politik Berintegrasi, Diseminasi & Agenda Anti Korupsi Bagi Presiden 2014-2019” yang digelar BEM-KM UGM. Perjanjian terdiri 14 pasal dengan dilampiri mekanisme pemanfaatan publikasi masing-masing pihak.

Pemanfaatan publikasi lokal UGM meliputi skripsi, tesis, disertasi, hasil kajian/penelitian, literatur/buku, dokumen lainnya dengan subjek atau topik yang terkait korupsi. Sementara pemanfaatan publikasi KPK dapat diakses melalui website http://acch.kpk.go.id, dan kedua belah pihak harus menjamin masing-masing pemanfaatan publikasi tersebut telah mendapat persetujuan dari pencipta/penulisnya.

”UGM menyambut baik kerjasama ini, dan sesuai kerja sama yang telah ditandatangani kami sangat mendukung dan memberikan komitmen besar kepada upaya-upaya pemberantasan korupsi,” ujar Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Prof Dr Ir Budi Santoso Wignyosukarto DipHE saat memberi kata sambutan.

Disebutkan, UGM telah memahami delapan agenda pemberantasan korupsi dari buku putih milik KPK. Dari 8 hal tersebut, UGM meyakini  akan menjadi kekuatan dalam mengawal kepemimpinan Indonesia 5 tahun kedepan sebagai negara yang berdaulat.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengungkapkan, kerjasama di bidang pemanfaatan informasi dan publikasi untuk upaya pemberantasan tindak pidana korupsi dilakukan di dua Perguruan Tinggi di Yogyakarta, UGM dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Kerja sama itu bertujuan agar KPK dan kedua perguruan tinggi saling memanfaatkan publikasi lokal yang diterbitkan oleh masing-masing lembaga sebagai upaya mendukung pemberantasan tindak pidana korupsi secara efektif dan efisien sesuai kewenangan dan kapasitas masing-masing.

suaramerdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =